Fitri, Astri Mardya (2016) HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SD NEGERI 101759 TANDAM HILIR 1. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311007 COVER.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
2. NIM. 1123311007 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. NIM. 1123311007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM. 1123311007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 1123311007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 1123311007 TOBE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 1123311007 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1123311007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 1123311007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM. 1123311007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
14. NIM. 1123311007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara fasilitas belajar dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Manfaat penelitian ini adalah sebagai salah satu bahan pertimbangan baik bagi kepala sekolah, guru ataupun calon guru maupun pengelola pendidikan untuk lebih meningkatkan ketersediaan fasilitas belajar di sekolah khususnya pada mata pelajaran IPA.
Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik Total Sampling sehingga diperoleh 73 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan Product Momen pada uji korelasi, dan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala Likert yang terdiri dari 4 opsional, yakni sangat setuju, setuju, kurang setuju dan tidak setuju. Dari hasil pengujian instrumen yakni validitas dan reliabilitas maka diperoleh 25 item valid dari variabel fasilitas belajar dan 18 item valid dari variabel minat belajar.
Berdasarkan analisis deskriptif dan statistik, variabel fasilitas belajar yang ditandai oleh dua aspek, yakni sarana dan prasarana berada pada kategori baik. Sedangkan variabel minat belajar yang ditandai dengan aspek perasaan senang, perhatian dan giat belajar berada pada kategori baik juga. Hasil statistik uji korelasi Carl Pearson antara kedua variabel tersebut diperoleh: rxy hitung>rtabelyaitu 0,297 >0,1940. Dan uji keberartian (uji t) diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,606 > 1,99300. Maka hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan positif yang signifikan antara fasilitas belajar dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA, diterima.
Berdasarkan hasil pengujian dan dengan diterimanya hipotesis penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Fasilitas Belajar dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA SD Negeri 101759 Tandam Hilir 1. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi fasilitas belajar yang tersedia di sekolah, maka semakin tinggi pula minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 039 |
Keywords: | Sarana Pendidikan; IPA; Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 04:27 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6760 |