Sari, Suci Wulan (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMP SWASTA DI KECAMATAN MEDAN AREA. Jurnal Tabularasa, 9 (1). pp. 33-44.
Pengaruh model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar fisika pada siswa SMP swasta di Kecamatan Medan Area.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif dan kepribadian siswa terhadap hasil belajar Fisika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta di kecamatan Medan Area, yang berjumlah 157 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak kluster. Hasil pengundian didapat sebanyak 28 siswa SMP Al-Ittihadiyah untuk model pembelajaran kooperatif tipe GI dan 31 siswa SMP Muhammadiyah Sukaramai untuk model pembelajaran langsung. Tes kepribadian siswa terdiri atas tipe ekstrovert dan introvert. Metode penelitian metode eksperimental-semu dengan desain faktorial 2x2. Berdasarkan pengujian hipotesis menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa yang memiliki kepribadian introvert lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert. serta terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar Fisika.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Tipe Kepribadian; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 06:59 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/676 |