Pane, Putri Hannika Sitorus (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN NO 101776 SAMPALI TA. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111067 COVER.doc.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1123111067 APPROVAL SHEET.doc.pdf - Published Version
Download (908kB) | Preview
3. NIM. 1123111067 ABSTRACT.doc.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
4. NIM. 1123111067 PREFACE.doc.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
5. NIM. 1123111067 TABLE OF CONTENT.doc.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
6. NIM. 1123111067 TABLES.doc.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
7. NIM. 1123111067 ILLUSTRATION.doc.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
8. NIM. 1123111067 APPENDICES.doc.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
9. NIM. 1123111067 CHAPTER I.doc.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
13. NIM. 1123111067 CHAPTER V.doc.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
14. NIM. 1123111067 BIBLIOGRAPHY.doc.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada materi pokok Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah. Tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101776 Sampali yang beralamat di Jalan Irian Barat Pasar VII Desa Sampali. Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas IVC yang berjumlah 28 orang. Sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada materi POKOK Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah. Alat pengumpuan data yang digunakan adalah observasi dan tes.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar di mana sebelum dilaksanakan siklus I dilakukan pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada materi pokok Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah. Hasil penelitian pada pre test, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 40,892 dari 28 siswa bahwa 4 siswa (14, 286%) tuntas dan 24 siswa (85, 714%) siswa tidak tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas meningkat yaitu menjadi 67, 321 di mana 16 siswa lulus (57, 142 %) dan 12 siswa (42,858 %) tidak lulus. Maka dilaksanakan siklus II, dan hasilnya mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata menjadi 88, 75 di mana 26 siswa (92,857 %) tuntas dan 2 siswa (7, 143 %) tidak tuntas.
Dari peningkatan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Two stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi daerah di kelas IV SDN 101776 Sampali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 057 |
Keywords: | Model Pembelajaran;TSTS; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 03:42 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6748 |