Sirhayuni, Yuli Sara (2016) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SD N 106158 JALAN MASJID DUSUN X PEMATANG JOHAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311087 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 1123311087 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM. 1123311087 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 1123311087 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 1123311087 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1123311087 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1123311087 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM. 1123311087 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
12. NIM. 1123311087 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM. 1123311087 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah adakah hubungan penggunaan media benda konkret terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan media benda konkret terhadap motivasi belajar siswa kelas v pada mata pelajaran IPA SD N 106158 Jalan Masjid Dusun X Pematang Johar. Penggunaan media benda konkret menurut Hamalik (Arsyhad, 2013:19) mengemukan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, mengakibatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh pikologi terhadap siswa. Motivasi belajar menurut Mujib, (dalam Khairani, 2013:176) mengatakan bahwa motivasi merupakan akumulasi daya dan kekuatan yang ada dalam diri seseorang untuk mendorong, merangsang, menggerakan, membangkitkan dan memberiharapan pada perilaku.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan SD N 106158 Jalan Masjid Dusun X Pematang Johar dengan populasi sebanyak 70 orang siswa dan sampel diambil dari keseluruhan populasi (total sampling) yaitu siswa kelas VA dan VB. Instrumen yang digunakan adalah panduan pengamatan (penjelasan skala penskoran) dan lembar pengamatan dari variabel penggunaan media benda konkret, dan juga pembagian angeket motivasi belajar kepada siswa dengan menggunakan skala likert. Pengujian analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran penggunaan media benda konkret pada kriteria sedang (mean = 30.41) dan motivasi belajar siswa kelas V juga pada kriteria sedang (mean = 87). Hasil analisis korelasi antara penggunaan media benda konkre terhadap motivasi belajar siswa kelas V diperoleh nilai korelasi 0.885. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan rtabel α = 0,05 (0.344) maka korelasi cukup signifikan. Uji hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai 9.77 dan dengan membandingkan kepada nilai ttabel α = 0,05 (1.70) maka hipotesis dapat diterima, ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media benda konkre terhadap motivasi belajar siswa kelas V. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penggunaan media benda konkret, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 116 |
Keywords: | Penggunaan Media Benda Konkret; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 03:26 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6743 |