Siregar, Mariati (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 105291 SAENTIS TAHUN AJARAN 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1122111009 COVER.docx.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
NIM 1122111009 ABSTRACT.docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM 1122111009 APPENDICES.docx.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
NIM 1122111009 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
NIM 1122111009 BIBLIOGRAPHY.docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM 1122111009 ILLUSTRATION.docx.pdf - Published Version
Download (2kB) | Preview
NIM 1122111009 PREFACE.docx.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
NIM 1122111009 TABELS.docx.pdf - Published Version
Download (2kB) | Preview
NIM 1122111009 TABLE OF CONTENT.docx.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
NIM 1122111009 CHAPTER I.docx.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
NIM 1122111009 CHAPTER V.docx.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 105291 Saentis.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas IVB yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada pokok bahasan kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah. Alat pengumpuan data yang digunakan adalah observasi dan tes.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar dimana sebelum dilaksanakan siklus I dilakukan tes awal untuk mengetahui letak kesulitan pada pokok bahasan kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah. Hasil penelitian padapre test, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 39,99 dari 30 siswa bahwa 3 siswa (10%) tuntas dan 27 siswa (90%) siswa tidak tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas meningkat yaitu menjadi 66,5 di mana 17 siswa tuntas (56%) dan 13 siswa (43,33%) tidak tuntas. Maka dilaksanakan siklus II, dan hasilnya mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata menjadi 74,3 dimana 26 siswa (86,67%) tuntas dan 4 siswa (13,33%) tidak tuntas.
Dari peningkatan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah di kelas IVB SD Negeri 105291 Saentis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 056 |
Keywords: | Model Pembelajaran;take and Give;IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 03:22 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6741 |