aulia, wyndha (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KUMON DI KELAS IV SDN 135563 TANJUNG BALAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111102 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1123111102 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (793kB) | Preview
3. NIM. 1123111102 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 1123111102 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 1123111102 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 1123111102 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1123111102 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1123111102 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1123111102 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 1123111102 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 1123111102 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan model kumon di kelas IV SDN. 135563 TanjungBalai T.A 2015/2016. Rumusan masalah pada peneelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model Pembelajaran kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan penguranan pecahan di kelas IV SDN. 135563 Tanjung Balai T.A 2015/2016.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah subjek penelitian 39 siswa yang berasal dari siswa kelas IV SDN 135563 Tanjung Balai pada tahun ajaran 2015/2016. Dimana kegiatan berlangsung ketika pembelajaran matematika. Untuk memproleh data penelitian ini menggunakan tes dan juga lembar observasi.
Setelah melaksanakan siklus I dengan menggunakan model kumon, diproleh tingkat ketuntasan klasikal siswa adalah 21 orang atau 53,85% dengan rata-rata 62,8718 atau sebanding dengan rendah begitu pula dengan penerapan model kumon yang digunakan guru masih buruk dengan nilai 42,23%.Setelah melaksanakan siklus II dengan menggunakan model kumon, diproleh ketuntasan klasikal adalah 34 siswa atau 84,64% dengan rata-rata 84,4615 atau sebanding dengan sangat tinggi begitu pula dengan nilai guru yang sudah sangat baik dengan rata rata 80,5%.
Pada siklus I pada penerapan model kumon oleh guru dapat dikatakan kategori buruk dan diikuti dengan hasil belajar siswa yang rendah. Sedangkan pada siklus II pada penerapan model kumon oleh guru dapat dikatakan kategori sangat baik dan diikuti dengan hasil belajar yang sangat baik pula. Maka dari itu hipotesis yang berbunyi “dengan menggunakan model pembelajaran kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 146 |
Keywords: | Pembelajaran Kumon ; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 03:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6740 |