ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF

Fauzi, Kms Muhammad Amin (2012) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF. Jurnal Tabularasa, 09 (01). 01-16. ISSN 1693-7732

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of Cover, Redaction, Table of content.pdf]
Preview
Text
Cover, Redaction, Table of content.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan koneksi matematis (KKM). Keberhasilan dalam suatu pembelajaran tidak terlepas pada model pembelajarannya. Dengan membiasakan diri membangun koneksi antar matematika, dapat meningkatkan tingkat inisiatif dalam belajar matematik. Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa terhadap tes yang diberikan pada topik persamaan garis lurus diperoleh siswa mengalami peningkatan pada setiap aspek (membuat sketsa grafik, menentukan gradien, menetukan persamaan garis lurus, dan membuat model matematika dan menyelesaikannya) . Siswa yang mendapat pembelajaran PPMG memperoleh peningkatan KKM yang lebih besar untuk semua aspek dari pada pembelajaran PPMK dan pembelajaran PB. Khusus aspek menentukan persamaan garis lurus siswa masih terkendala yang ditunjukkan dari hasil peningkatannya terkecil untuk pembelajan PPMG dan PPMK. Di pembelajaran PB peningkatan terkecil terdapat pada aspek membuat model matematika dan menyelesaikannya. Secara umum siswa kesulitan menentukan persamaan garis lurus khususnya bila diketahui grafik persamaan garis lurusnya

Item Type: Article
Keywords: Analisis; Koneksi Matematis; Pembelajaran; Metakognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:31
Last Modified: 06 Sep 2016 09:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item
View Item