Sibarani, Ruth Elfrida (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SD SWASTA METHODIST-2 KISARAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123311065 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 1123311065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
3. NIM 1123311065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM 1123311065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM 1123311065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 1123311065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 1123311065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 1123311065 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 1123311065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM 1123311065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
14. NIM 1123311065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
15. NIM 1123311065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran IPA pada materi pokok sumber daya alam dan penggunaan sumber daya alam di kelas V SD Swasta Methodist-2 Kisaran T.A 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi berupa daftar check list motivasi siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta Methodist-2 Kisaran tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 32 orang, yang terdiri dari 19 orang perempuan dan 13 orang laki-laki.
Berdasarkan hasil penelitian dari 32 orang siswa pada saat kondisi awal ada 16 orang siswa yang memiliki motivasi rendah (50%), 8 orang siswa memiliki motivasi sedang (25%) dan 8 orang siswa memiliki motivasi tinggi (25%) sedangkan rata-rata persentase motivasi belajar siswa sebanyak 60,84. Pada siklus I pertemuan I ada 22 orang siswa yang memiliki motivasi rendah (68,75%) dan 10 orang siswa memiliki motivasi sedang (31,25%), dengan persentase motivasi klasikal sebesar 31,25%, pada siklus I pertemuan II sebanyak 16 orang siswa memiliki motivasi rendah (50%), ada 8 orang siswa memiliki motivasi sedang (25%) dan ada 8 orang siswa memiliki motivasi tinggi (25%) dengan persentase motivasi klasikal sebesar 50%. Pada siklus II pertemuan I ada 7 orang yang memiliki motivasi rendah (21,88%), ada 9 orang siswa memiliki motivasi sedang (28,13%), ada 15 orang siswa yang memiliki motivasi tinggi (46,88%), dan ada 1 orang yang memiliki motivasi sangat tinggi (3,1%) dengan persentase motivasi klasikal sebesar 78,12%. Pada siklus II pertemuan I ada 3 orang siswa yang memiliki motivasi rendah (9,37%), ada 7 orang siswa yang memiliki motivasi sedang (12,5%), ada 12 orang siswa yang memiliki motivasi tinggi (62,50%) dan ada 10 orang siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi (15,62%) dengan persentase motivasi klasikal sebesar 90,62%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD swasta Methodist-2 Kisaran pada materi pokok Sumber Daya Alam dan Penggunaan Sumber Daya Alam pada T.A 2015/2016. Untuk guru disarankan agar menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Make A Match karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK_2016 PGSD 165 |
Keywords: | Motivasi; Belajar;Model pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:50 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6732 |