Nuari, Rizal (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS IVB SD NEGERI 107402 SAENTIS KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1122111017 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 1122111017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
3. NIM 1122111017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM 1122111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM 1122111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM 1122111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 1122111017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM 1122111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM 1122111017 BAB I.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
13. NIM 1122111017 BAB V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM 1122111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya motivasi belajar terhadap mata pelajaran IPA, Siswa kurang di libatkan untuk aktif dalam proses pembelajaran, guru cenderung menggunakan metode ceramah, metode dan model pembelajaran guru kurang bervariasi dan guru jarang menggunakan media saat proses pembelajaran berlangsung.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Subjek penelitian adalah siswa/i IV SD Negeri 107402 Saentis sebanyak 25 orang dengan jumlah laki – laki 17 orang dan 8 perempuan orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model Picture And Picture. Model Pembelajaran Picture And Picture adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar konkrit/real sebagai media saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujan untuk membuktikan Apakah dengan menerapkan Model Picture And Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Materi Pokok Gaya Di Kelas IVB SD Negeri 107402 Saentis T.A 2015 / 2016. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan Model Picture And Picture pada materi pokok gaya dikelas IVB SD Negeri 107402 Saentis T.A 2015/2016. Motivasi merupakan dorongan atau keinginan dari internal dan eksternal seseorang untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Picture And Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Materi Pokok Gaya Di Kelas IVB SD Negeri 107402 Saentis T . A 2015 / 2016. Penyebaran Angket Pada Kondisi Awal adalah 62,16% dan Angket Kondisi Akhir Adalah 89%. Observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan rata-rata 62,87%, Siklus I Pertemuan 2 motivasi belajar siswa sedang dengan rata-rata 73,37%, Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa sedang dengan rata-rata 83,87% dan Siklus II Pretemuan 2 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 91%. Observasi Siswa Secara Klasikal Pada Siklus I Pertemuan 1 yaitu rata-rata 12%, Siklus I Pertemuan 2 meningkat menjadi 32%, Siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 64% dan pada Siklus II Pertemuan 2 meningkat menjadi 92%. Hasilobservasi kegiatan peneliti yang dilakukan oleh Wali Kelas IVB pada siklus I pertemuan 1 menghasilkan rata-rata 83,59% (Baik), Pada Siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 88,28% (Sangat Baik), Pada siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 91,40% (Sangat Baik) dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 95,31% (Sangat Baik).
Dengan demikian dengan Menerapkan Model Pembelajran Picture And Picture dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IVB di SD Negeri 107402 Saentis Kecamatan Percut sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 107 |
Keywords: | Motivasi Belajar;Model Pembelajaran;Gaya |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:44 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6730 |