Lubis, Nelisma (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 010225 LAUT TADOR T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111059 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 1123111059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
3. NIM. 1123111059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 1123111059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5. NIM. 1123111059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 1123111059 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1123111059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1123111059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
12. NIM. 1123111059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 1123111059 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah adakah hubungan yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador 2015/2016.
Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan jenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador yang berjumlah 43 orang. Sanpel dalam penelitian ini berjumlah 43 orang dengan menggunakan teknik sampel total. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar sebanyak 21 butir pertanyaan yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta studi dokumetasi (nilai raport). Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment dan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diketahui bahwa motivasi belajar IPS siswa di kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador pada indikator adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya pengahargaan dalam belajar dan lingkungan belajar yang kondusif tergolong kategori tinggi dengan rentang skor antara 2,6 – 3,5. Sedangkan pada indikator adanya kegiatan belajar yang menarik, adanya harapan dan cita-cita masa depan tergolong kategori rendah dengan rentang skor antara 1,6 – 2,5. Dan jika dijumlahkan rata-rata setiap indikator adalah 2,7 atau tergolong kategori tinggi. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador T.A 2015/2016 tergolong kategori tinggi. dan prestasi belajar IPS siswa tergolong cukup dengan rata-rata nilai sebesar 74,53. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rxy > rtabel yaitu 0,607> 0,301 maka terdapat koerlasi dengan arah positif.
Berdasarkan Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4,880 > 2,01 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dan diperoleh kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 36,7%. Dalam hal ini berarti hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa SD Negeri 010225 Laut Tador T.A 2015/2016” diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa akan memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 125 |
Keywords: | Prestasi Belajar; Motivasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:36 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6728 |