Hulu, Siska Enjelin (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 023903 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123111086 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 1123111086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
3. NIM 1123111086 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM 1123111086 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
5. NIM 1123111086 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 1123111086 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 1123111086 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM 1123111086 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM 1123111086 BAB I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
13. NIM 1123111086 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 1123111086 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 023903 Binjai Tahun Pelajaran 2015-2016 pada mata pelajaran IPA materi pokok pengaruh gaya magnet terhadap bentuk dan gerak suatu benda dengan menggunakan model pembelajaran practice rehearsal pairs.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 023903 Binjai yang berjumlah 13 orang siswa dengan masing-masing jumlah siswa laki-laki sebanyak 6 orang dan 7 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki dua siklus yang terdiri dari beberapa tahap. Tahapan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, tes yang diberikan sebanyak 20 soal dalam bentuk pilihan berganda. Sedangkan observasi meliputi observasi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 1 orang siswa (7,69%) yang tuntas belajar dan 12 orang siswa (92,31%) yang belum tuntas belajar secara klasikal dengan nilai rata-rata 45,38. Selanjutnya pada siklus I terdapat 9 orang siswa (69,23%) yang tuntas belajar dan 4 orang siswa (30,77%) yang belum tuntas belajar secara klasikal dengan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70,38. Dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu terdapat 11 orang siswa (84,62%) yang tuntas belajar dan 2 orang siswa (15,38%) yang belum tuntas belajar secara klasikal dengan nilai rata-rata kelas yang meningkat menjadi 77,69. Dari hasil pengamatan kegiatan mengajar guru pada siklus I pertemuan ke-1 dan ke-2 diperoleh persentase sebesar 81,25% dan 87,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan persentase pada pertemuan ke-1 adalah 90,62% dan pada pertemuan ke-2 adalah 93,75%. Dari hasil pengamatan kegiatan siswa pada siklus I pertemuan ke-1 dan ke-2 diperoleh bahwa siswa yang partisipatif sebesar 7,69% dan 15,38% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan persentase pada pertemuan ke-1 adalah 53,85% dan pada pertemuan ke-2 adalah 84,61%.
Dari hasil peneltian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran practice rehearsal pairs dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok pengaruh gaya magnet terhadap bentuk dan gerak suatu benda di kelas V SD Negeri 023903 Binjai Tahun Ajaran 2015-2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 134 |
Keywords: | Pembelajaran;IPA;GayaMagnet |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:31 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6726 |