adelina, yustika (2016) PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 091 PANYABUNGAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311090 COVER .pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1123311090 APPROVAL SHEET new.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
3. NIM. 1123311090 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1123311090 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 1123311090 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM. 1123311090 TABLE.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 1123311090 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 1123311090 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 1123311090 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM. 1123311090 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 1123311090 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Masalah yang ditelitidalampenelitianiniadalahrendahnyamotivasibelajarsiswapadapelajaranmatematika di kelas V SD Negeri 091 Panyabunganmenggunakanpendekatansaintifik .Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadapelajaranmatematikapadamateripokokpenjumlahandanpenguranganpecahan.PenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) yang dilakukandalam 2 siklus, dimanasetiapsatusiklusdilakukandua kali pertemuandanmasing-masingpertemuanselama 35 menit. Dalamsetiapsiklusakandiberikanlembarobservasi, dandiberikanangketpadakondisiawaldanakhirsiklusduauntukmengukurtingkatmotivasibelajarsiswa.
Berdasarkanhasilobservasimakadiperolehhasilpadasiklus I pertemuan I sebanyak 6 orang siswa (26,08%) memilikimotivasitinggi, daan 17 orang siswa (73,39%) memilikimotivasi yang rendah. Padasiklu I pertemuan II sebanyak 4 orang siswa (17,39%) memilikimotivasibelajar yang sangattinggi, 1 orang siswa (4,34%) memilikimotivasibelajar yang tinggi, 6 orang siswa (26,08%) memilikimotivasibelajarsedang,dan 12 orang siswa (52,17%) belumtermotivasi. Padasiklus II pertemuan I, sebanyak 6 orang siswa (26,08%) memilikimotivasibelajar yang sangattinggi, 9 orang siswa (39,13%0 memilikimotivasi yang tinggi, 3 orang siswa (13,04%) memilikimotivasi yang sedang, 5 orang siswa (21,73%) belumtermotivasi. Siklus II pertemuan II terdapat data 20 orang siswa (86,95%) memilikimotivasibelajar yang sangattinggi, 1 orang siswa (4,34%) memilikimotivasibelajar yang tinggi, dan 2 orang siswa (8,69%) belumtermotivasi. Berdasarkanhasilpenelitiantersebut, dapatdisimpulkanbahwadenganpenggunaanpendekatansaintifikdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa di kelas V SD Negeri 091 Panyabungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 008 |
Keywords: | Motivasi dalam Belajar ; Pendekatan Saintifik ; Pembelajaran Matematika ; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6718 |