Hutasuhut, Masriana Ariyati (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 067242 MEDAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1121111008 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. 1121111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
3. 1121111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. 1121111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. 1121111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. 1121111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. 1121111008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. 1121111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. 1121111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. 1121111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. 1121111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah dengan mengunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IVA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas IV A SD Negeri 067242 Medan Sunggal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan pendekatan konstruktivisme deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SD Negeri 067242 Medan Sunggal Tahun Ajaran 2015/2016, yang berjumlah 41 orang siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi dan evaluasi/tes kemampuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data.
Bedasarkan hasil penelitian diperoleh (1)Nilai ketuntasan awal sebelum digunakan pendekatan konstruktivisme 26,82% dan yang tidak tuntas 73,17% (2)Nilai ketuntasan pada siklus I sebedar48,78% dan yang belum tuntas 51,21% (3)Nilai rata-rata pada siklus II meningkat dengan nilai ketuntasan 90,24% dan yang tidak tuntas 9,75%. Hasil tes siswa disetiap siklus memberikan hasil memuaskan. Pada siklus I ada 21 orang % yang tidak tuntas dan pada siklus II ada 4 orang % yang tidak tuntas belajar.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada sub pokok bahasa menulis karangan narasi di kelas IV A SD Negeri 067242 Medan Sunggal. Dengan demikian pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam menulis karangan narasi di kelas IV A SD Negeri 067242 Medan Sunggal Tahun Ajaran 2015/2016. Dan disarankan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada sub pokok bahasa menulis karangan narasi melalui pendekatan konstruktivisme hendaknya guru memotivasi siswa yang berada dikelas agar tidak merasa boson terhadap pelajaran bahasa indonesia terutama pada sub pokok bahasa menulis karangan narasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 126 |
Keywords: | Kemampuan Menulis;Narasi;Kontruktivisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:09 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6717 |