damanik, mega kolosenuari (2016) HUBUNGAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 101771 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123111056 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
02 NIM 1123111056 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
03 NIM 1123111056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
04 NIM 1123111056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
05 NIM 1123111056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
06 NIM 1123111056 TABLES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
07 NIM 1123111056 APPEDINCES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
08 NIM 1123111056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
12 NIM 1123111056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
13 NIM 1123111056 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui bagaimana kemampuan pengelolaan kelas yang di lakukan guru di kelas V SD Negeri 101771 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016 , (2) untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016, (3) untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101771 Tembung yang berlokasi di jalan pasar III Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 101771 Tembung. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang siswa dan yang menjadi responden uji coba adalah siswa kelas Vb SD Negeri 101771 Tembung yang berjumlah 30 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yaitu kemampuan pengelolaan kelas (X) dan motivasi belajar (Y).
Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha, perhitungan analisis data dalam penelitian dilakukan setelah memenuhi uji persyaratan normalitas dan uji hipotesis yang dihasilkan berdristibusi normal. Analisis dilakukan dengan rumus Product Moment. Hasil penelitian yang diperoleh menujukkan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa dimana rxy > rtabel yaitu 0,596 > 0,361 dan nilai t hitung > t tabel yaitu 7,19 > 1,701. Sehingga hipotesis yang diajukan dapat di terima dan teruji kebenarannya pada taraf α = 0,05 (5%). Hal ini berarti semakin baik kemampuan pengelolaan kelas maka semakin tinggi motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa SD negeri 101771 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 112 |
Keywords: | Motivasi Belajar ; Pengolahan Kelas; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 08:03 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6702 |