wihartini, kiki (2016) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR CONCEPT MAPPING DI KELAS V SDN 107398 DESA SEI ROTAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311038 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 1123311038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
3. NIM. 1123311038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 1123311038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 1123311038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 1123311038 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1123311038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM. 1123311038 LIST GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1123311038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM. 1123311038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
14. NIM. 1123311038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
15. NIM. 1123311038 BIBLIOGRPAHY.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Masalahdalampenelitianiniadalahrendahnyaminatbelajarsiswapadapelajaran IPS.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanminatbelajarsiswapadapelajaran IPS denganmenggunakanStrategiBelajarConcept Mapping.
Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas, yang terdiridari 4 tahapyaituperencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Adapunsubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas V SDN 107398 DesaSei Rotan denganobjekpenelitianminatbelajarsiswa.Pengumpulan data padapenelitianinimenggunakanangketdanobservasi.Observasidilakukanuntuk guru dansiswa.
Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwadari 24 siswahanya 3 orang siswa (12,5%) yang berminatpadapelajaran IPS, dan 21 orang siswa (87,5%) masihbelumberminat. BerdasarkanhasilangketawalmakapenelitimelakukantindakandenganmenggunakanStrategibelajarConcept Mapping padasiklus I pertemuanpertamadidapatkanhasilobservasisiswasebesar 51,53%, padapertemuankeduasiklus I didapathasilobservasisiswasebesar 53,98% darikeduahasilobservasitersebutdidapatnilai rata-rata sebesar 52,75% dantergolongrendah. Selainobservasisiswa, observasi guru jugadilakukanpadasiklus I dandiperolehnilaisebesar 68,11% padapertemuanpertama, 75,36% padapertemuankedua, darikeduahasilobservasi guru tersebutdidapat rata-rata observasisebesar 71,73% dantergolongcukupbaik. Berdasarkandari data padasiklus I masihdidapatnilai yang kurangbaiksehinggapenelitimelanjutkantindakansiklus II.Padapertemuanpertama di siklus II diperolehhasilobservasisiswasebesar 87,43% danpadapertemuankeduadiperolehhasilobservasisiswasebesar 95,28%, darikeduahasilobservasitersebutmakadidapatkanhasil rata-rata observasisiswasebesar 91,35% dantergolongsangattinggi. Hasilobservasi guru padasiklus II pertemuanpertamadiperolehhasilsebesar 88,4% dan 97,1% padapertemuankeduadari data tersebutdiperolehnilai rata-rata observasi guru sebesar 92,75% dantergolongsangattinggi. Setelahberakhirnyatindakansiklus I dansiklus II, penelitikembalimemberikanangketminatbelajarsiswadandiperolehhasilyaitudari 24 orang siswaterdapat 21 orang siswa (87,5%) termasukdalamkategoriberminatdansangatberminat, sedangkan 3 orang siswa (12,5%) masihtergolongdalamkategoritidakdankurangberminat.
DengandemikiandapatdisimpulkanbahwastrategibelajarConcept Mapping dapatmeningkatkanminatbelajarsiswapadapelajaran IPS materiperjuanganmelawanpenjajahdi kelas V SDN 107398 DesaSei Rotantahunajaran 2015-2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 074 |
Keywords: | Concept Mapping ; IPS ; Stategi Belajar ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 07:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6695 |