Audina, Putri (2016) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA JL. TERUSAN DUSUN II TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311053_COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 1123311053_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
3. NIM. 1123311053_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM. 1123311053_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 1123311053_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM.1123311053_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1123311053_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1123311053_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1123311053_BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13. NIM. 1123311053_BAB V.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
14. NIM. 1123311053_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SD negeri 101766 Bandar Setia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101766 Bandar Setia dengan populasi sebanyak 86 orang dan sampel dengan 86 responden.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur pola asuh orang tua adalah angket dengan jumlah 30 butir. Validitas tes diuji menggunakan teknik korelasi produk momen dengan hasil 25 butir dinyatakan valid, sedangkan realibilitas tes di uji menggunakan alpha dengan hasil 0,874 pada taraf signifikan 95% dengan alpha 5%. Untuk mengetahui hasil belajar siswa teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, yaitu dengan menggunakan DKN kelas V semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 sebagai sumber data.
Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment sedangkan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan bahwa r_tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,212 sedangkan r_hitung sebesar 0,254 berada pada arah yang positif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa r_hitung lebih besar dari r_tabel pada taraf signifikan 5%. Sedangkan hipotesis denga menggunakan uji t diperoleh r_hitung sebesar 2,407 dan r_tabel 1,663. Untuk mengetahui besar kontribusi variabel X dan Y digunakan rumus r^(2 ) x 100 % atau (2,405)^2 sehingga dapat dikatakan bahwa pola asuh orang tua memilikiki hubungan sebesar 5,79% dengan hasil belajar siswa, yang berarti Ha diterima dan Ho di tolak yang artimya terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa pola asuh orang tua akan berdampak pada hasil belajar anak. Semakin baik pola asuh yang diterapkan oleh orang tua maka semakin tinggi hasil belajar siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 106 |
Keywords: | Belajar; Pola Asuh; Keluarga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 04:00 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6678 |