Ernando, Dedel (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM YANG INOVATIF PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI DI SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan buku penuntun praktikum yang inovatif dibidang pendidikan kimia. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui (1) persepsi guru kimia terhadap penuntun praktikum kimia pada materi reaksi reduksi oksidasi dikelas X SMA/MA yang diterbitkan oleh dua penerbit yang berbeda, (2) kevalidan (kelayakan) penuntun praktikum inovatif yang telah dikembangkan pada materi reaksi reduksi oksidasi, (3) perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang inovatif pada materi reaksi reduksi dan oksidasi dibandingkan siswa yang menggunakan penuntun praktikum pegangan siswa, (4) efektifitas penuntun praktikum inovatif yang telah dikembangkan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA/MA kelas X di kota Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ada 60 siswa kelas X SMA Prayatna Medan yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Validator terhadap penuntun praktikum inovatif yang telah dikembangkan adalah dua orang dosen pendidikan kimia UNIMED dan 30 guru kimia SMA/MA di kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi guru kimia terhadap penuntun praktikum kimia penerbit A dan B diperoleh rata-rata sebesar 3,21 untuk penuntun praktikum kimia penerbit A dan 3,35 untuk penuntun praktikum kimia penerbit B; (2) hasil validasi penuntun praktikum yang inovatif diperoleh rata-rata sebesar 4,68 adalah sangat valid (sangat layak) dan tidak perlu revisi; (3) peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang inovatif pada materi reaksi reduksi oksidasi lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan penuntun praktikum pegangan siswa dengan nilai thitung > t¬tabel (3,358 > 2,002); (4) efektifitas penggunaan penuntun praktikum yang inovatif pada materi reaksi reduksi oksidasi menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 82%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Ern p |
Keywords: | Pengembangan penuntun praktikum; Reaksi reduksi oksidasi; Problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 03:56 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6677 |