Manalu, Jimmi Apul Maringan (2016) HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS V SD SWASTA PARULIAN MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123111042 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
02 NIM 1123111042 APPROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
03 NIM 1123111042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
04 NIM 1123111042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
05 NIM 1123111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
06 NIM 1123111042 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07 NIM 1123111042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08 NIM 1123111042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
09 NIM 1123111042 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13 NIM 1123111042 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
14 NIM 1123111042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini tentang Hubungan antara Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukan terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Swasta Parulian Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kegiatan rkstrakurikuler kepramukaan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Swasta Parulian Medan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adaalah penelitian asosiatif kausal dengan tekhnik korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 41 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 41.
Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,325 N=41 dengan rtabel = 0,316 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,325 > 0,316 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan memiliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar PKn siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap hasil belajar PKn siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 2,15 dengan ttabel = 2,022 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 2,15 > 2,022 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas v SD Swasta Parulian Medan” dapat diterima. Dimana semakin tinggi kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan maka semakin tinggi hasil belajar PKn siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 105 |
Keywords: | Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan ; Hasil Belajar PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 03:45 |
Last Modified: | 29 Nov 2017 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6675 |