Ginting, Susanna (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1123111092 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM.1123111092 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
3. NIM.1123111092 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM.1123111092 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM.1123111092 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM.1123111092 TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM.1123111092 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM.1123111092 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM.1123111092 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM.1123111092 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM.1123111092 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, pembelajaran bersifat teacher centre, dan siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok proses terbentuknya tanah dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 101771 Tembung yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan. Adapun prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar sebanyak 20 soal dalam bentuk pilihan berganda dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Setelah dilaksanakan pretest hasil tes awal diperoleh rata-rata klasikal siswa sebesar 33,12 dan dari 32 siswa tidak ada yang tuntas (0%). Pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata klasikal 64,68. 17 orang siswa tuntas atau 53,13% dan 15 orang siswa belum tuntas atau 46,87%, secara klasikal siswa belum mencapai ketuntasan dalam belajar. Rata-rata skor observasi guru selama siklus I sebesar 57,5 atau tergolong cukup sedangkan rata-rata observasi siswa selama siklus I sebesar 61,66 atau tergolong cukup. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa meningkat menjadi 84,53. 29 orang siswa tuntas atau 90,63% dan 3 orang siswa belum tuntas atau 9,37% dan secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajar. Rata-rata skor observasi guru selama siklus II sebesar 82,5 atau tergolong baik dan rata-rata observasi siswa selama siklus II sebesar 81,66 atau tergolong baik.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi pokok proses terbentuknya tanah di kelas V SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2015/2016. Oleh sebab itu disarankan kepada guru, untuk dapat menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam proses pembelajaran, terkhusus pada mata pelajaran IPA. Agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 110 |
Keywords: | Model Pembelajaran;NHT;IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 03:22 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6669 |