azhari, dila (2016) . MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA SD NEGERI 101776 SAMPALI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311019 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 1123311019 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
3. NIM. 1123311019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 1123311019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
5. NIM. 1123311019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 1123311019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 1123311019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 1123311019 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1123311019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
10. NIM. 1123311019 BAB I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
14. NIM. 1123311019 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
15. NIM. 1123311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar IPA siswa pada materi Gaya Magnet. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pembelajaran Gaya Magnet dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay di kelas VA SD Negeri 101776 Sampali. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tindakan model pembelajaran Course Review Horay. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD Negeri 101776 Sampali Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi siswa dan lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran Course Review Horay. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis data kualitatif, kuantitatif, dan deskriptif.
Pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I terdapat 11 orang siswa (30%) yang termotivasi dan 26 siswa (70%) tidak termotivasi dalam belajar, sehingga persentase motivasi belajar siswa secara klasikal adalah 30%. Kemudian, pada siklus I pertemuan II terdapat 20 orang siswa (54%) yang termotivasi dan 17 siswa (46%) yang tidak termotivasi, sehingga persentase motivasi belajar siswa secara klasikal memperoleh 54%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I terdapat 27 siswa (73%) yang termotivasi dan 10 orang siswa (27%) yang tidak termotivasi dalam belajar. Dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan II, yakni terdapat 33 orang siswa (89%) yang termotivasi dan 4 orang siswa (11%) yang tidak termotivasi dalam belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Gaya Magnet di kelas VA SD Negeri 101776 Sampali Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 013 |
Keywords: | Course Review Horay ; IPA ; Motivasi ; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 02:58 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6662 |