masdalina (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBING-PROMPTING PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 013868 KAB.BATUBARA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123111054 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 1123111054 AVROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM 1123111054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM 1123111054 PRIFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM 1123111054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 1123111054 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 1123111054 TABLE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 1123111054 avendics.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 1123111054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM 1123111054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14. NIM 1123111054 BIBILIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapelajaranIPA di kelasIV SD Negeri013868Batubara .RumusanmasalahdalampenelitianiniadalahapakahApakahdenganmenggunakan model probing-prompting dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPA pada materi sifat dan perubahan wujud bendadi kelas IV SD 013868 kab.batubara T.A 2015/2016.
Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasdenganjumlahsubjekpenelitiansebanyak23 orang siswa yang berasaldarisiswakelasIV padatahunajaran 2015/2016, dimanakegiatandilakukansaatpembelajaranIPAberlangsung. Untukmemperoleh data yang digunakandalampenelitianinipenulismelakukantesdanobservasi..
Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 4 siswa ( 17,4%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 59,1. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 13 orang siswa (56,5%) dengan nilai rata-rata 68,2. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting terdapat 21 siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal (91,3%) dengan nilai rata-rata 85,9.
Padahasilobservasi yang dilakukan guru kelasterhadappenelitipadasiklus I terlihatkegiatanawalpenelitinilai yang diperolehadalah66,67 hasil ini termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer pada siklus I terhadap siswa, menunjukkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model Probing-prompting masih rendah nilai observasisiswadiperoleh 40..
Namunpadasiklus II terjadiperubahan yang baikterlihatnilaiobservasi yang diperolehpeneliti 91,67hasilinisudahtermasukdalamkategoribaiksudahmampumengaitkanmateri yang akandiajarkandenganpengetahuan yang sudahdimilikisiswa.
Perubahan yang baikjugaterlihatpadaaktivitasbelajarsiswayakninilai yang diperoleh siswa padasiklus II adalah 82,5 hasilinisudahtermasukdalamkategoribaik , padasiklus II siswasudahseriusdalammengerjakantugaskelompoknya, siswamampubekerjasamadenganbaikbersamatemankelompoknya.
Dengandemikianmakadapatdikatakankegiatanpembelajarandenganmenggunakan model probing-prompting dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPA pada materi sifat dan perubahan wujud benda di kelas IV SD Negeri 013868 Kab.Batubara.Disarankankepada guru untukmenggunakan model probing-prompting dalam menyampaikan materi pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 078 |
Keywords: | Probing - Prompting; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 08:00 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6643 |