Puspita, Debby May (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 028227 BINJAI SELATAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311012_COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 1123311012_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
3. NIM. 1123311012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 1123311012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM. 1123311012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 1123311012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1123311012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM. 1123311012_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1123311012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
10. NIM. 1123311012_BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
14. NIM. 1123311012_BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
15. NIM. 1123311012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran Matematika materi pokok Bangun datar dan hubungan antar bangun. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika materi pokok Bangun datar dan hubungan antar bangun dengan model Snowball Throwing di kelas V.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 028227 Binjai Selatan sebanyak 42 orang siswa yang terdiri dari 28 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menguraikan persentase-persentase pada setiap siklus.
Berdasarkan analisis data, pada pra-tindakan diperoleh hasil angket siswa sebanyak 4 siswa (9,52%) yang memiliki motivasi belajar tinggi, 10 siswa (23,80%) yang memiliki motivasi belajar sedang dan 28 siswa (66,66%) yang memiliki motivasi rendah. Pada Pasca Siklus II sebanyak 37 siswa (88,09%) sangat termotivasi dan 5 siswa (11,90%) telah termotivasi pada pelajaran Matematika. Pada Siklus I pertemuan I diperoleh hasil observasi individu sebanyak 1 siswa (2,38%) tergolong termotivasi, 4 siswa (9,52%) yang tergolong cukup termotivasi, dan 37 siswa (88,09%) yang tergolong belum termotivasi. Pada pertemuan II sebanyak 3 siswa (7,14%) telah termotivasi, 5 siswa (11,90%) yang cukup termotivasi, dan 34 siswa (80,95%) belum termotivasi. Pada Siklus II pertemuan I, sebanyak 26 siswa (61,90%) tergolong sangat termotivasi, sebanyak 12 siswa (28,57%) tergolong telah termotivasi, 4 siswa (9,52%) yang tergolong belum termotivasi. Pada pertemuan II terdapat 37 siswa (88,09%) tergolong memiliki motivasi belajar tinggai, sebanyak 5 siswa (11,90%) telah memiliki motivasi belajar sedang, dan 0 siswa (0%) memiliki motivasi rendah pada pelajaran Matematika.
Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penggunaan model Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika materi pengelompokkan bangun datar di kelas V SD Negeri 028227 Binjai Selatan T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 052 |
Keywords: | Motivasi belajar; Matematika; Snowball Throing |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:44 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6639 |