Manullang, Rutmarito Lestari (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SAVI PADA SISWA KELAS V SDN. 060893 DARUSSALAM T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 1121111011 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2 NIM 1121111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
3 NIM 1121111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4 NIM 1121111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5 NIM 1121111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6 NIM 1121111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7 NIM 1121111011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8 NIM 1121111011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9 NIM 1121111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13 NIM 1121111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14 NIM 1121111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas V SD Negeri 060893 Darussalam Kec. Medan Petisah, ditemukan masalah dalam pembelajaran memerankan drama yang belum optimal. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan siswa terhadap memerankan drama dilihat dari ekspresi atau mimik muka siswa yang tidak tepat dalam memerankan karakter tokoh, Gerakan tubuh siswa tidak mampu mengekspresikan watak tokoh yang diperankannya, serta intonasi nada pembacaan kalimatnya yang monoton, sehingga berakibat pada pembelajaran yang tidak optimal. Maka diperlukan sebuah upaya untuk memperbaiki rendahnya hasil belajar siswa yaitu melalui penggunaan model pembelajaran SAVI.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 060893 Darussalam T.A 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah melalui penggunaan model SAVI dapat mengetahui gambaran data hasil belajar siswa, aktivitas guru menggunakan model SAVI , dan aktivitas siswa.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas V SD Negeri 060893 Darussalam yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi serta dokumentasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) aktivitas guru siklus I memperoleh persentase sebesar 61,25% dengan kategori cukup, sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 82,5% dengan kategori baik; (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh persentase 68,23 dengan kategori cukup, sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 81,32% dengan kategori baik; (3) Hasil belajar siswa materi memerankan drama pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 67,5, sedangkan siklus II memperoleh rata-rata nilai 77,5. Dari 30 siswa persentase ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai persentase 56,16% dengan jumlah siswa yang mampu sebanyak 17 orang siswa sedangkan siklus II mencapai persentase ketuntasan klasikal sebesar 90% dengan jumlah siswa yang mampu sebanyak 27 orang siswa.
Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 106163 Darussalam Kecamatan Medan Petisah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 127 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran;Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:27 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6633 |