aisyah, siti (2016) PENGGUNAAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 105325 DALU X A T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 1123311072 cover.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM 1123311072 LEMBAR PENGESAHAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3.NIM.1123311072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 1123311072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM 1123311072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM 1123311072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM 1123311072 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM 1123311072 BAB I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
12. NIM 1123311072 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM 1123311072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105325 Dalu X A Tanjung Morawa, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode Brainstorming sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Cahaya di kelas V SD Negeri 105325 Dalu X A dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yanng menggunakan metode Brainstorming dengan yang tidak menggunakan metode Brainstorming dengan yang tidak menggunakan metode Brainstorming pada pelajaran IPA materi Cahaya..
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Cahaya di kelas V SDN 105325 Dalu X A. Jumlah subjek penelitian sebanyak 30 siswa yang berasal dari kelas V A, dimana kegiatan ini dilaksanakan saat pembelajaran IPA berlangsung.
Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini, peneliti melakukan tes dan observasi . adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menggunakan presentase yang digunakan.
Setelah pelaksanaan pre-tes diperoleh tigkat keberhasilan ketuntasan hasil belajar yaitu 1 orang siswa (3,33%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 42,66. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan metode Brainstorming diperoleh tingkat keberhasilan ketuntasan belajar yaitu 12 orang siswa (40%) dengan nilai rata-rata 61,66. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan metode Brainstorming diperoleh tingkat keberhasilan ketuntasan belajar yaitu 25 orang siswa (83,33%) dengan nilai rata-rata 74,33.
Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran IPA materi Cahaya dengan menggunakan metode Brainstorming, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk- 2016 PGSD 150 |
Keywords: | Belajar ; Brain Storming; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:23 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6632 |