purba, lelyta nov mony comeria (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 010086 KISARANT.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111046 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 1123111046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 1123111046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM. 1123111046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM. 1123111046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 1123111046 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1123111046 CHART.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 1123111046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 1123111046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
10. NIM. 1123111046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
14. NIM. 1123111046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 1123111046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada masalah dalam pembelajaran IPS yaitu pembelajaran yang diterapkan masih bersifat tradisional (berpusat pada guru) sehingga keaktifan siswa dalam belajar masih kurang, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan dengan menggunakan model kooperatif tipe numbered head together di kelas V SD Negeri 010086 Kisaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 010086 Kisaran Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari perolehan rata-rata siswa pada tes awal hanya 41,97 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase 9,09%. Setelah dilaksanakan siklus I, diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 66,21 dengan jumlah siswa tuntas 18 orang dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 54,55%. Pada siklus II diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 80,30 dengan 27 orang siswa termasuk ke dalam kategori tuntas dengan persentase sebesar 81,82%. Dan perolehan hasil observasi siswa dalam mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 64,92 menjadi 81,06 pada siklus II. Demikian pula hasil observasi kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 72,91 menjadi 91,67 pada siklus II.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 010086 Kisaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 100 |
Keywords: | model kooperatif tipe numbered head together ; hasil belajar ; IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 06:56 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6628 |