Avolita, Cianny (2016) INOVASI BAHAN AJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136142004 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 8136142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3. NIM. 8136142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8136142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM. 8136142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 8136142004 TABLE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 8136142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8136142004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8136142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. NIM. 8136142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 8136142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh inovasi bahan ajar kimia pada pokok bahasan kesetimbangan kimia berdasarkan kurikulum 2013 terintegrasi pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan kesetimbangan kimia. Adapun, sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru kimia kelas XI di kota Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Bahan ajar penerbit A dianalisis berdasarkan kurikulum 2013 oleh dosen dan guru. Hasil analisis bahan ajar penerbit A berdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rata-rata 2,46 adalah valid, artinya sudah layak dan sebagian isi bahan ajar perlu direvisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan dinilai oleh dosen dan guru. Penilaian dilakukan dengan 2 cara, yaitu berdasarkan kurikulum 2013 dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Hasil analisis berdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rata-rata sebesar 3,53 adalah valid artinya sangat layak digunakan dan tidak perlu revisi. Hasil analisis berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 3,38 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan bahasa 3,37 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan penyajian 3,40 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kepada siswa. Pengujian terhadap siswa dilakukan dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap siswa kelas eksperimen diberikan bahan ajar kimia inovatif yang telah dikembangkan, sedangkan siswa kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang telah ada sebelumnya. Nilai rata-rata gain ternormalisasi pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,62 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,76.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Mar i |
Keywords: | Bahan ajar kimia; Kesetimbangan kimia; Kuirkulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 06:42 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6623 |