tampubolon, indarti novalina (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 105325 DALU X A TANJUNG MORAWA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123311034 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 1123311034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
3. NIM 1123311034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM 1123311034 PREPACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM 1123311034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM 1123311034 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM 1123311034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 1123311034 DIAGRAMS.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 1123311034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM 1123311034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
14. NIM 1123311034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM 1123311034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Cahaya dan Sifat Cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Cahaya dan Sifat Cahaya dengan Menggunakan Metode Demonstrasi.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, dan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa dengan jumlah 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan di kelas V SDN 105325 Dalu X A Tanjung Morawa T.A 2015/2016. Setiap siklus dan terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Berdasarkan analisis data, ternyata pada saat diberikan tes awal dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 2 orang siswa (6,67%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 28 orang siswa mendapat nilai tidak tuntas (93,33%) dengan nilai rata-rata 46,83. Pada siklus I dalam mengerjakan soal tes yang diberikan oleh peneliti terdapat sebanyak 14 orang siswa (46,67%) yang mendapat nilai tuntas dan sebanyak 16 orang siswa (53,33%) mendapat nilai tidak tuntas dengan rata - rata nilai 64,17. Sedangkan pada siklus II diperoleh sebanyak 26 orang siswa (86,67.%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 4 orang siswa (13,33%) mendapat nilai tidak tuntas dengan rata- rata nilai 81,16.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Demonstrasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Cahaya dan Sifat Cahaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 105325 Dalu X A Tanjung Morawa T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 085 |
Keywords: | Demontrasi ; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 06:24 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6620 |