Agustina, Dwi Makhfira (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REWARD DI KELAS V SDN 053984 HINAI KANAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1123311021 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM.1123311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (897kB) | Preview
3. NIM.1123311021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM.1123311021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM.1123311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM.1123311021 TABLE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM.1123311021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM.1123311021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM.1123311021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM.1123311021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM.1123311021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM.1123311021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM.1123311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok unsur cerita menggunakan model pembelajaran Reward.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 053984 Hinai Kanan Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Reward. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok unsur cerita dengan menerapkan model pembelajaran Reward.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan pratindakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi pokok unsur cerita. Kemudian di akhir siklus I dan siklus II dilakukan penyebaran angket.
Berdasarkan analisis data dijelaskan bahwa pada saat pratindakan rata-rata motivasi belajar siswa tergolong rendah sebanyak 18 orang siswa (69,24%), motivasi belajar siswa tergolong cukup atau sedang sebanyak 6 orang siswa (23,07%), motivasi belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 2 orang siswa (7,69%). Pada siklus I motivasi belajar siswa tergolong rendah sebanyak 8 orang siswa (30,76%), motivasi belajar siswa tergolong cukup atau sedang sebanyak 4 orang siswa (15,39%), motivasi belajar tergolong tinggi sebanyak 14 orang siswa (53,85%). Pada siklus II motivasi belajar siswa tergolong rendah sebanyak 2 orang siswa (7,70%), dan motivasi belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 24 orang siswa (92,30%). Hasil penilaian rencana pembelajaran (APKG I) oleh guru pada siklus I adalah 70,31 % dan penilaian pelaksanaan pembelajaran (APKG II) oleh guru siklus I adalah 75%. Hasil penilaian rencana pembelajaran (APKG I) oleh guru siklus II adalah 89,06% dan penilaian pelaksanaan pembelajaran (APKG II) oleh guru siklus II adalah 90%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Reward dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok unsur cerita di kelas V SDN 053984 Hinai Kanan T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 117 |
Keywords: | Motivasi Belajar Siswa; Model Pembelajaran;Reward |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 04:42 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6614 |