lubis, hayatun sa’adah (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISA PADA MAATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 107402 SAENTIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOOURNAMENT (TGT). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. DAFTAR tabel.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. DAFTAR tabel.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 107402 Saentis, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Team Games Tournament sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Team Games Tournament pada pelajaran Matematika materi Operasa Hitung Campuran Bilangan Bulat di kelas IV SD Negeri 107402 Saentis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan Model Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 107402 Saentis. Jumlah subjek penelitian sebanyak 26 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun ajaran 2015/2016, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran Matematika berlangsung.
Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini peneliti melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitiatif dengan menggunakan presentase yang digunakan.
Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 3 orang siswa (11,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 28,84. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan Model Team Games Tournament diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 12 orang siswa (46,15%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 52,69. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 23 orang siswa (88,46%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81,54.
Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Model Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 107402 Saentis pada pelajaran Matematika materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk- 2016 PGSD 153 |
Keywords: | Team Game Tournament ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 04:38 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6613 |