Ramadhani, Maghvira (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIFTIPE TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SWASTA PAB 20 BANDAR KLIPPA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313196 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313196 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
108313196 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108313196 KATA PENGHANTAR.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
108313196 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108313196 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
108313196 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313196 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313196 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313196 BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
108313196 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
108313196 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe team quiz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan metode team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan Romawi di kelas IV SD Swasta PAB 20 Bandar Klippa.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah setelah penerapan metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan Romawi di kelas IV SD Swasta PAB 20 Bandar Klippa. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 26 siswa yang berasal dari kelas IV-A pada tahun ajaran 2011/2012, untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pengumpulan data dengan cara member test. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa.Dari hasil analisis data diperoleh 5 siswa (19,23% ) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 21 siswa (80,76% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 43,46. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 15 siswa (57,69%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 11 siswa (42,30%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 63,84. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 23 siswa (88,46 %) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 84,62. Dari hasil data observasi pada siklus I kegiatan guru dalam mengajar diperoleh nilai 82,5 dan kegiatan siswa memperoleh nilai 83,4. Observasi siklus II, kegiatan guru dalam mengajar memperoleh nilai 92,5 dan kegiatan siswa memperoleh nilai 91,7 atau termasuk kategori sangat baik, maka ternyata terjadi peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD PAB 20 Bandar Klippa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan bermain secara quiz team dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan Romawi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ram p |
Keywords: | Pembelajaran Aktif Tipe Team Quitz; Hasil Belajar Siswa; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LD Individual institutions (United States) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6595 |