Suyeni (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PARTISIPATIF PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 105289 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313361 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
108313361 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108313361 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
108313361 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313361 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313361 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313361 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313361 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313361 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313361 BAB I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
108313361 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108313361 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105289 Tembung T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang dilakukan bertujuan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.Masalah dalam penelitian ini adalah: ” Apakah dengan menggunakan pendekatan partisipatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam di kelas V SD Negeri 105289 Tembung T.A 2011/2012?. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran partisipatif pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam di kelas V SD Negeri 105289 Tembung Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan menggunakan pendekatan partisipatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 75. Berdasarkan analisis data diperoleh pada saat awal tindakan diperoleh tingkat ketuntasan secara klasikal yaitu 4 orang (13,3%) sedangkan siswa yang belum mengalami ketuntasan sebanyak 26 orang siswa (87,33%). Pada siklus I tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 15 orang (50%) sedangkan jumlah siswa yang belum mengalami ketutasan sebanyak 15 orang siswa (50%). Selanjutnya pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa semakin lebih meningkat yaitu sebanyak 29 orang siswa (96,67%) sedangkan siswa yang belum mengalami ketuntasan sebanyak 1 orang siswa (3,3%). Berdasarkan temuan dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan partisipatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam di kelas V di SD Negeri 105289 Tembung Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Suy m |
Keywords: | Hasil Belajar; Pendekatan Partisipatif; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6591 |