Utami, Laila Sri (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 102094 PAYA PINANG TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313172 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108313172 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
108313172 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
108313172 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
108313172 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
108313172 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108313172 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313172 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313172 BAB I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
108313172 BAB VI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
108313172 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 102094 Paya Pinang TA 2011/2012. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor seperti rendahnya rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika karena matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Kurangnya kemampuan dan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika. Guru masih mengutamakan metode ceramah sehingga hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Keterampilan guru dalam mengelola kelas masih rendah dalam pembelajaran matematika.Penelitian ini bertujuan “Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika materi pokok bangun ruang di kelas IV SD Negeri 102094 Paya Pinang TA 2011/2012”. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 102094 Paya Pinang yang berjumlah 40 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pretest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 40 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 6 orang siswa 15% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 34 orang siswa 85% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 51,25. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 20 orang siswa 50% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 20 orang siswa 50% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 65,75. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 37 orang siswa 92,5% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 3 orang siswa 7,95 % yang tuntas dengan nilai rata-rata 84,75. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri 102094 Paya Pinang Tahun Ajaran 2011/2012. Oleh karenya guru perlu meningkatkan keterampilan menggajarnya dengan menggunakan metode Student Achievement Division (STAD) sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi pokok bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Uta m |
Keywords: | model kooperatif; tipe STAD; matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 06:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6589 |