Magdalena S., Agnes (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 104221 DESA HULU PANCURBATU TAHUN AJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920598-COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
071211920598-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
071211920598-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
071211920598-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
071211920598-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
071211920598-BAB I.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
071211920598-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
071211920598-BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
071211920598-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
071211920598-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang termotivasi untuk mempelajari materi masalah sosial dilingkungan setempat dan kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam penyampaian materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS materi masalah sosial dilingkungan setempat di Kelas IV SD Negeri 104221 Desa Hulu Pancurbatu Tahun Ajaran 2010/2011.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 104221 Desa Hulu Pancurbatu yang berjumlah 30 orang siswa. Dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terbagi dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket dan lembar obervasi. Angket digunakan sebagai alat pengukur motivasi belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui data tentang aktivitas guru dan siswa selama dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil pada siklus I dan siklus II diperoleh data siswa pada kondisi awal ada 2 orang siswa yang termotivasi dengan baik, pada siklus I meningkat ada 7 orang siswa yang termotivasi dengan baik, dan pada siklus II diperoleh data ada 22 orang siswa yang termotivasi dengan baik dalam belajar IPS.Berdasarkan hasil penelitia tersebut dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa dapat terliba dengan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran IPS dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi masalah sosial di lingkungan setempat pada kelas IV SD Negeri 104221 Desa Hulu Pancurbatu Tahun Ajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mag u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Metode Diskusi Kelompok Kecil; IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6581 |