Hariadi, Jarod (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Tutor Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Alat Ukur Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123122018 COVER.pdf
Download (51kB)
2. NIM. 5123122018 APPROVAL SHEET.pdf
Download (263kB)
3. NIM. 5123122018 ABSTRACT.pdf
Download (144kB)
4. NIM. 5123122018 PREFACE.pdf
Download (201kB)
5. NIM. 5123122018 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (168kB)
6. NIM. 5123122018 TABLE.pdf
Download (113kB)
7. NIM. 5123122018 ILLUSTRATION.pdf
Download (110kB)
8. NIM. 5123122018 APPENDICES.pdf
Download (207kB)
9. NIM. 5123122018 CHAPTER I.pdf
Download (443kB)
10. NIM. 5123122018 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 5123122018 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (863kB)
12. NIM. 5123122018 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (815kB)
13. NIM. 5123122018 CHAPTER V.pdf
Download (208kB)
14. NIM. 5123122018 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (140kB)
15. NIM. 5123122018 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh hasil belajar alat ukur siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis tutor teman sebaya pada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 5 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X TKR I dan X TKR II Semester Genap di SMK Negeri 5 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen (X TKR I) berjumlah 38 orang dan kelas kontrol (X TKR II) berjumlah 39 orang. Sebelum melakukan penelitian telah dilakukan uji coba instrumen sebanyak 25 butir soal, yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil ulangan. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif pokok bahasan alat ukur dalam bentuk objektif tes sebanyak 25 butir soal, dimana sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dari hasil perhitungan interpolasi diperoleh harga ttabel atau t(0,95:75) = 1,995. Dengan demikian diperoleh thitung > ttabel (4,994 > 1,995) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis tutor teman sebaya terhadap hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan, dimana hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis tutor teman sebaya lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem Based Learning (PBL); Tutor Teman Sebaya; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ751 Miscellaneous motors and engines Including gas, gasoline, diesel engines |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:20 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65727 |
