Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Tutor Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Alat Ukur Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Hariadi, Jarod (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Tutor Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Alat Ukur Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123122018 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5123122018 COVER.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5123122018 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5123122018 APPROVAL SHEET.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5123122018 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5123122018 ABSTRACT.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5123122018 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5123122018 PREFACE.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5123122018 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5123122018 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5123122018 TABLE.pdf] Text
6. NIM. 5123122018 TABLE.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5123122018 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5123122018 ILLUSTRATION.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5123122018 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5123122018 APPENDICES.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5123122018 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5123122018 CHAPTER I.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5123122018 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5123122018 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 5123122018 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5123122018 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5123122018 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5123122018 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5123122018 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5123122018 CHAPTER V.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5123122018 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5123122018 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5123122018 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5123122018 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh hasil belajar alat ukur siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis tutor teman sebaya pada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 5 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X TKR I dan X TKR II Semester Genap di SMK Negeri 5 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen (X TKR I) berjumlah 38 orang dan kelas kontrol (X TKR II) berjumlah 39 orang. Sebelum melakukan penelitian telah dilakukan uji coba instrumen sebanyak 25 butir soal, yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil ulangan. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif pokok bahasan alat ukur dalam bentuk objektif tes sebanyak 25 butir soal, dimana sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dari hasil perhitungan interpolasi diperoleh harga ttabel atau t(0,95:75) = 1,995. Dengan demikian diperoleh thitung > ttabel (4,994 > 1,995) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis tutor teman sebaya terhadap hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan, dimana hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis tutor teman sebaya lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning (PBL); Tutor Teman Sebaya; Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ751 Miscellaneous motors and engines Including gas, gasoline, diesel engines
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:20
Last Modified: 17 Dec 2025 02:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65727

Actions (login required)

View Item
View Item