NAINGGOLAN, WIRA BUANA (2019) Hubungan Kemampuan Membaca Gambar dan Pemahaman Tentang Konstruksi Bangunan dengan Hasil Belajar Gambar Konstruksi Bangunan siswa kelas XII SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133311007 COVER.pdf
Download (132kB)
2. NIM 5133311007 APPROVAL SHEET.pdf
Download (556kB)
3. NIM 5133311007 ABSTRAK.pdf
Download (252kB)
4. NIM 5133311007 PREFACE.pdf
Download (278kB)
5. NIM 5133311007 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (176kB)
6. NIM 51333111007 TABLES.pdf
Download (115kB)
7. NIM 5133311007 ILLUSTRATION.pdf
Download (115kB)
8. NIM 5133311007 APPENDICES.pdf
Download (142kB)
9. NIM 513331107 CHAPTER I.pdf
Download (539kB)
10. NIM 5133311007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (877kB)
11. NIM 5133311007 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 5133311007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 5133311007 CHAPTER V.pdf
Download (205kB)
14. NIM 5133311007 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (150kB)
15. NIM 5133311007 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Adanya hubungan antara kemampuan membaca gambar terhadap hasil belajar siswa kelas XII mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Medan. 2) Adanya hubungan antara pemahaman tentang konstruksi bangunan terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Medan. 3) Adanya hubungan antara kemampuan membaca gambar dan pemahaman tentang konstruksi bangunan secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas XII mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Medan. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, Reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan 1) Terdapata hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Membaca Gambar dengan Hasil Belajar Gambar Konstruksi Bangunan Kelas XII SMK Negeri 2 Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilai rxly > rtabel = 0,7194 > 0,361dengan harga thitung > ttabel = 5,6721 > 2,0484. 2) Terhadap hubungan positif dan berarti antara Pemamhaman Tentang Konstruksi Bangunan dengan hasil belajar Gambar Konstuksi Bangunan siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilay rx2y > rtabel = 0,867 > 0,361 dengan harga thitung > ttabel = 9,5317 > 2,0484. 3) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Membaca Gambar dan Pemahaman tentang Konstruksi Bangunan dengan Hasil Belajar Gambar Konstruksi Bangunan siswa kelas XII SMK Negeri 2 Medan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan korelasi yang memberikan hasil rx1x2y > rtabel = 0,7262 > 0,361 dan diperoleh determinasi R2 sebesar 0,76879 yang berarti Kemampuan Membaca Gambar (X1) dan Pemahaman Tentang Konstruksi Bangunan (X2) dengan harga hitung fhitung = 44,889 > ftabel = 3,35. Dengan demikian Kemampuan Membaca Gambar dan Pemahaman Tentang Konstruksi banguanan mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan Hasil Belajar Gambar Konstruksi Bangunan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan Membaca Gambar; Pemahaman Konstruksi Bangunan; Hasil Belajar Gambar Konstruksi Bangunan |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:01 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:01 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65708 |
