Panjaitan, Tauhaposan PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU(STUDI KASUS PADA SMP NEGERI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN). Jurnal Title.
UNIMED-Article-23865-Panjaitan.pdf - Published Version
Download (903kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) pengaruh supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru , (2) pengaruh pelatihan dalam peningkatan kinerja guru , dan (3) pengaruh supervisi akademik dan pelatihan secara bersama-sama dalam peningkatan kinerja guru SMP Negeri di Kec. Percut Sei Tuan. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMP Negeri Kec. Percut Sei Tuan sebanyak 306 orang pada 5 SMP dan sampel berjumlah 72 orang. Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Temuan penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara: 1) supervisi akademik dengan kinerja guru dengan angka korelasi 0,354, 2) pelatihan dengan kinerja guru dengan angka korelasi 0,473 dan 3) supervisi akademik dan pelatihan dengan kinerja guru dengan angka korelasi 0,549 dengan persamaan garis regresinya Ŷ = 138,80 + 0,18X1 + 0,25X2. Sumbangan yang efektif sebesar variabel supervisi akademik terhadap kinerja guru adalah 9,90%, sedangkan sumbangan efektif variabel pelatihan terhadap kinerja guru adalah 20,00%.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Supervisi Akademik; Pelatihan; Kinerja Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 03:39 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/657 |