PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU(STUDI KASUS PADA SMP NEGERI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN)

Panjaitan, Tauhaposan PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU(STUDI KASUS PADA SMP NEGERI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN). Jurnal Title.

[thumbnail of UNIMED-Article-23865-Panjaitan.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Article-23865-Panjaitan.pdf - Published Version

Download (903kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) pengaruh supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru , (2) pengaruh pelatihan dalam peningkatan kinerja guru , dan (3) pengaruh supervisi akademik dan pelatihan secara bersama-sama dalam peningkatan kinerja guru SMP Negeri di Kec. Percut Sei Tuan. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMP Negeri Kec. Percut Sei Tuan sebanyak 306 orang pada 5 SMP dan sampel berjumlah 72 orang. Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Temuan penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara: 1) supervisi akademik dengan kinerja guru dengan angka korelasi 0,354, 2) pelatihan dengan kinerja guru dengan angka korelasi 0,473 dan 3) supervisi akademik dan pelatihan dengan kinerja guru dengan angka korelasi 0,549 dengan persamaan garis regresinya Ŷ = 138,80 + 0,18X1 + 0,25X2. Sumbangan yang efektif sebesar variabel supervisi akademik terhadap kinerja guru adalah 9,90%, sedangkan sumbangan efektif variabel pelatihan terhadap kinerja guru adalah 20,00%.

Item Type: Article
Keywords: Supervisi Akademik; Pelatihan; Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Mar 2016 03:39
Last Modified: 30 Mar 2016 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item
View Item