Silaban, Nismawaty (2019) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5143111014 COVER.pdf
Download (53kB)
2. NIM 5143111014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (792kB)
3. NIM 5143111014 ABSTRACT.pdf
Download (207kB)
4. NIM 5143111014 PREFACE.pdf
Download (207kB)
5. NIM 5143111014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (383kB)
6. NIM 5143111014 TABLES.pdf
Download (271kB)
7. NIM 5143111014 ILLUSTRATION.pdf
Download (176kB)
8. NIM 5143111014 APPENDICES.pdf
Download (176kB)
9. NIM 5143111014 CHAPTER 1.pdf
Download (727kB)
10. NIM 5143111014 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 5143111014 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 5143111014 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 5143111014 CHAPTER V.pdf
Download (272kB)
14. NIM 5143111014 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (207kB)
15. NIM 5143111014 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu ukur tanah siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan. Penelitian menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Siklus ini terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X teknik gambar bangunan sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data tes hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes soal pilihan berganda dan lembar kerja siswa (job sheet). Dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase hasil belajar sikap siswa pertemuan pertama nilai rata-rata 77,38 dan persentase kelulusan yaitu 81,81% meningkat pada siklus II pertemuan pertama menjadi 82 dengan persentase kelulusan 100%, hasil belajar siswa siklus pertama pertemuan kedua nilai rata-rata 78,51 dengan persentase kelulusan 84,84% menjadi 87,02 dengan ketuntasan 100%. Hasil belajar pengetahuan siswa pada siklus I nilai rata rata sebesar 84,52 dengan persentase kelulusan 90,63% meningkat pada siklis II dengan nilai rata-rata 90,57 dengan persentase kelulusan 100%. Hasil belajar keterampilan siswa pada siklus I nilai rata-rata 83,09 dengan persentase kelulusan 96,97% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,88 dengan persentase kelulusan 100%. Hasil belajar pada siklus I dan II masing-masing mengalami peningkatan 18,18%, 15,16%,9,37%, dan 3,03%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu ukur tanah dikelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil belajar; Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); Ilmu Ukur Tanah |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 05:40 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 05:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65697 |
