Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam

Silaban, Nismawaty (2019) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5143111014 COVER.pdf] Text
1. NIM 5143111014 COVER.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 2. NIM 5143111014 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5143111014 APPROVAL SHEET.pdf

Download (792kB)
[thumbnail of 3. NIM 5143111014 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5143111014 ABSTRACT.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4. NIM 5143111014 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5143111014 PREFACE.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 5. NIM 5143111014 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5143111014 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 6. NIM 5143111014 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5143111014 TABLES.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 7. NIM 5143111014 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5143111014 ILLUSTRATION.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 8. NIM 5143111014 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5143111014 APPENDICES.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 9. NIM 5143111014 CHAPTER 1.pdf] Text
9. NIM 5143111014 CHAPTER 1.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of 10. NIM 5143111014 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 5143111014 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 5143111014 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 5143111014 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 5143111014 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 5143111014 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM 5143111014 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5143111014 CHAPTER V.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 14. NIM 5143111014 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5143111014 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 15. NIM 5143111014 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 5143111014 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu ukur tanah siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan. Penelitian menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Siklus ini terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X teknik gambar bangunan sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data tes hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes soal pilihan berganda dan lembar kerja siswa (job sheet). Dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase hasil belajar sikap siswa pertemuan pertama nilai rata-rata 77,38 dan persentase kelulusan yaitu 81,81% meningkat pada siklus II pertemuan pertama menjadi 82 dengan persentase kelulusan 100%, hasil belajar siswa siklus pertama pertemuan kedua nilai rata-rata 78,51 dengan persentase kelulusan 84,84% menjadi 87,02 dengan ketuntasan 100%. Hasil belajar pengetahuan siswa pada siklus I nilai rata rata sebesar 84,52 dengan persentase kelulusan 90,63% meningkat pada siklis II dengan nilai rata-rata 90,57 dengan persentase kelulusan 100%. Hasil belajar keterampilan siswa pada siklus I nilai rata-rata 83,09 dengan persentase kelulusan 96,97% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,88 dengan persentase kelulusan 100%. Hasil belajar pada siklus I dan II masing-masing mengalami peningkatan 18,18%, 15,16%,9,37%, dan 3,03%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu ukur tanah dikelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); Ilmu Ukur Tanah
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Dec 2025 05:40
Last Modified: 11 Dec 2025 05:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65697

Actions (login required)

View Item
View Item