Purba, Winata Cahyanti (2019) Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap hasil Belajar Food and Beverage Siswa Kelas X SMK Parbina Nusantara Pematang Siantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123142045 COVER.pdf
Download (48kB)
2. NIM 5123142045 APPROVAL SHEET.pdf
Download (556kB)
3. NIM. 5123142045 ABSTRACT.pdf
Download (114kB)
4. NIM. 5123142045 PREFACE.pdf
Download (294kB)
5. NIM. 5123142045 TABLE OF CONTENS.pdf
Download (134kB)
6. NIM. 5123142045 ILLUSTRATION.pdf
Download (113kB)
7. NIM. 5123142045 TABLES.pdf
Download (114kB)
8. NIM. 5123142045 APPENDICES.pdf
Download (113kB)
9. NIM. 5123142045 CHAPTER I.pdf
Download (406kB)
10. NIM. 5123142045 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. NIM. 5123142045 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (882kB)
12. NIM. 5123142045 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (402kB)
13. NIM. 5123142045 CHAPTER V.pdf
Download (142kB)
14. NIM. 5123142045 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (115kB)
15.NIM. 5123142045 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar Food and Beverage sebelum diberi penerapan pada siswa kelas X SMK Parbina Nusantara Pematang Siantar, (2) Untuk mengetahui hasil belajar Food and Beverage yang diberi penerapan media pembelajaran Macromedia Flash pada siswa kelas X SMK Parbina Nusantara Pematang Siantar, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Macromedia Flash terhadap hasil belajar Food and Beverage siswa kelas X SMK Parbina Nusantara Pematang Siantar. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Parbina Nusantara Pematang Siantar yang mendapat materi breakfast service sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar materi breakfast service sebelum diberi penerapan media pembelajaran Macromedia Flash dan tes hasil belajar materi breakfast service setelah diberi penerapan media Macromedia Flash . Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada materi breakfast service pada kelas eksperimen dengan menerapkan media pembelajaran Macromedia Flash diperoleh rata-rata sebesar 34,34 dan standar deviasi 3,326 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup sebesar 33% dan kategori tinggi sebesar 67% , sedangkan dikelas kontrol dengan menerapkan media pembelajaran power point diperoleh nilai rata-rata 28,9 dengan standar deviasi 4 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup 80 % dan karegori tinggi sebesar 20% . Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk post test diperoleh t hitung > t tabel (5,474 > 2,001), maha Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan media pembelajaran macromedia flash terhadap hasil belajar food and beverage pada siswa kelas X SMK Parbina Nusantara Pematang Siantar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil belajar; Food and beverage; Media pembelajaran |
| Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 09:08 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 09:08 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65673 |
