Lumban Gaol, Novalina (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAILKEM PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS V SD N.106163 BANDAR KLIPPA T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313230 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
108313230 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
108313230 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108313230 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
108313230 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313230 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313230 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313230 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
108313230 BAB I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
108313230 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
108313230 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sains di kelas V SD N 106163 Bandar Klippa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pendekatan PAILKEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 orang, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan pendekatan PAILKEM dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tehnik analisis data adalah observasi terhadap motivasi belajar siswa dan observasi kegiatan mengajar guru. Hipotesis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan diterapkannya pendekatan PAILKEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sains di kelas V SD N 106163 Bandar Klippa.Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa untuk setiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai 50,47%, dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 82,11%, hasil tersebut diperoleh dari nilai rata-rata dari hasil observasi motivasi siswa. Selain hal tersebut terjadi juga perubahan motivasi belajar pada diri siswa dengan rata-rata skor dari 39,39% atau 13 orang pada siklus I menjadi 85,45% atau 28 orang pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan PAILKEM pada pembelajaran Sains tentang sifat-sifat cahaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Disarankan kepada guru agar dalam pembelajaran menggunakan pendekatan PAILKEM untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Lum m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Siswa; Pendekatan PAILKEM; Sains |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6566 |