Sijabat, Rikki Imanuel (2019) Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Keselamatan Kerja Siswa SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132142009 COVER.pdf
Download (252kB)
2. NIM. 5132142009 APPROVAL SHEET.pdf
Download (659kB)
3. NIM. 5132142009 ABSTRACT.pdf
Download (430kB)
4. NIM. 5132142009 PREFACE.pdf
Download (343kB)
5. NIM. 5132142009 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (111kB)
6. NIM. 5132142009 TABLES.pdf
Download (35kB)
7. NIM. 5132142009 APPENDICES.pdf
Download (36kB)
8. NIM. 5132142009 CHAPTER I.pdf
Download (578kB)
9. NIM. 5132142009 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
10. NIM. 5132142009 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 5132142009 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (795kB)
12. NIM. 5132142009 CHAPTER V.pdf
Download (358kB)
13. NIM. 5132142009 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (620kB)
14. NIM. 5132142009 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1)Hasil belajar keselamatan kerja siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tanya jawab, 2)Hasil belajar keselamatan kerja siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok, 3)Pengaruh metode pembelajaran tanya jawab terhadap hasil belajar keselamatan kerja siswa, 4)Pengaruh metode pembelajaran kerja kelompok terhadap hasil belajar keselamatan kerja siswa. Desain penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Waktu penelitian dilaksanakan pada Januari – Februari 2019. Penentuan sampel kelas dilakukan dengan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa (30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas menggunakan rumus Chi Kuadrat ( menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji t. uji homogenitas Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa yang menggunakan metode tanya jawab pada materi keselamatan kerja termasuk kategori cenderung cukup sebesar 51,00 persen, Hasil belajar siswa menggunakan metode kerja kelompok pada materi keselamatan kerja termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 92,34 persen,. Hasil uji normalitas dikelas yang menggunakan metode kerja kelompok diperoleh (Xhitung = 9,5< Xtabel = 11,07), kelas kontrol (Xhitung = 7,7 < Xtabel = 11,07) adalah berdistribusi normal. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai hitung kelas yang menggunakan metode tanya jawab > (2,90>1,671) pada taraf signifikan 5 persen. Hasil nilai hitung kelas yang menggunakan metode kerja kelompok yaitu > Dengan membandingkan (4,65>1,671) pada taraf signifikan 5 persen. > kedua kelas, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kerja kelompok lebih baik daripada penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar keselamatan kerja siswa SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil belajar; Metode pembelajaran; Tanya jawab |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial safety. Industrial accident prevention |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 08:28 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 08:28 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65658 |
