Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Doloksanggul

Simbolon, Redikson (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Doloksanggul. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123121022 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5123121022 COVER.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5123121022 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5123121022 APPROVAL SHEET.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5123121022 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5123121022 ABSTRACT.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5123121022 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5123121022 PREFACE.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5123121022 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5123121022 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5123121022 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5123121022 LIST OF TABLES.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5123121022 LIST OF FIGURES.pdf] Text
7. NIM. 5123121022 LIST OF FIGURES.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5123121022 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5123121022 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5123121022 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5123121022 CHAPTER I.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5123121022 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5123121022 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 5123121022 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5123121022 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5123121022 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5123121022 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM. 5123121022 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5123121022 CHAPTER V.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5123121022 BIBLIOGRAPHY .pdf] Text
14. NIM. 5123121022 BIBLIOGRAPHY .pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5123121022 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5123121022 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Doloksanggul. Penelitian ini juga bertujuan untuk mempermudah dalam belajar Pemesinan Bubut dengan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI TP SMK N 2 Doloksanggul dimana melibatkan dua kelas dan diberi perlakuan berbeda. Siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 70 orang dimana jumlah siswa untuk kelas eksperimen sebanyak 35 orang dan kelas kontrol sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Kelas eksperimen (kelas XI TP 1) diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching & Learning ( CTL) dan untuk kelas kontrol (kelas XI TP 2) menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 26,14 dengan standar deviasi 10,08 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 36 dengan standar deviasi 10.06. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t post test diperoleh bahwa thitung = 7,90>ttabel =1,669, sehingga maka Ha diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Doloksanggul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Contextual Teaching & Learning
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Dec 2025 05:30
Last Modified: 02 Dec 2025 05:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65651

Actions (login required)

View Item
View Item