Simbolon, Redikson (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Doloksanggul. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123121022 COVER.pdf
Download (198kB)
2. NIM. 5123121022 APPROVAL SHEET.pdf
Download (347kB)
3. NIM. 5123121022 ABSTRACT.pdf
Download (198kB)
4. NIM. 5123121022 PREFACE.pdf
Download (192kB)
5. NIM. 5123121022 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (240kB)
6. NIM. 5123121022 LIST OF TABLES.pdf
Download (114kB)
7. NIM. 5123121022 LIST OF FIGURES.pdf
Download (111kB)
8. NIM. 5123121022 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (218kB)
9. NIM. 5123121022 CHAPTER I.pdf
Download (436kB)
10. NIM. 5123121022 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 5123121022 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (604kB)
12. NIM. 5123121022 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 5123121022 CHAPTER V.pdf
Download (207kB)
14. NIM. 5123121022 BIBLIOGRAPHY .pdf
Download (237kB)
15. NIM. 5123121022 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Doloksanggul. Penelitian ini juga bertujuan untuk mempermudah dalam belajar Pemesinan Bubut dengan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI TP SMK N 2 Doloksanggul dimana melibatkan dua kelas dan diberi perlakuan berbeda. Siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 70 orang dimana jumlah siswa untuk kelas eksperimen sebanyak 35 orang dan kelas kontrol sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Kelas eksperimen (kelas XI TP 1) diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching & Learning ( CTL) dan untuk kelas kontrol (kelas XI TP 2) menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 26,14 dengan standar deviasi 10,08 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 36 dengan standar deviasi 10.06. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t post test diperoleh bahwa thitung = 7,90>ttabel =1,669, sehingga maka Ha diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Doloksanggul.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar; Contextual Teaching & Learning |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 05:30 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 05:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65651 |
