Purba, Rini Herawaty (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD SWASTA GKPS MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113055 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108113055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
108113055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108113055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108113055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108113055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108113055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108113055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108113055 BAB I.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
108113055 BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
108113055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, peneliti menemukan masalahmasalahyang terjadi selama proses belajar mengajar berlangsung, yaitu:rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA, menggunakan metodeyang tidak bervariasi, jarangnya penggunaan media oleh guru pada saatpembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana di sekolah, dan kondisi yangkurang kondusif. Penelitian ini bertujuan agar metode demonstrasi dapatmeningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokokcahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Swasta GKPS Medan.Motivasi belajar adalah dorongan dalam proses belajar untuk mencapaitujuan belajar yang diinginkan. Metode demonstrasi merupakan format interaksibelajar mengajar yang disengaja mempertunjukkan atau memperagakan tindakan,proses/ prosedur yang dilakukan oleh guru kepada siswa. Untuk melakukankegiatan metode demonstrasi, ada beberapa langkah yang dapat ditempuh yaitupersiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian iniadalah siswa kelas V SD Swasta GKPS Medan yang berjumlah 24 siswa. Desainpenelitian menggunakan 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi.Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasibelajar siswa adalah analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metodepembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada matapelajaran IPA materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Swasta GKPSMedan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: pada kondisi awal jumlah siswayang memiliki motivasi rendah ber jumlah 21 siswa (87,5%), siswa yang memilikimotivasi sedang ber jumlah 1 siswa (4,17%), dan siswa yang memiliki motivasitinggi ber jumlah 2 siswa (8,33%), pada siklus I jumlah siswa yang memilikimotivasi rendah berjumlah 16 siswa (66,67%), siswa yang memiliki motivasisedang berjumlah 2 siswa (8,33%), dan siswa yang memiliki motivasi tinggiberjumlah 6 siswa (25%), dan pada siklus II diperoleh data bahwa tidak adamotivasi belajar siswa yang tergolong rendah (0%), 2 orang siswa (8,33%) yangtergolong sedang, dan 22 orang siswa (91,7%) yang tergolong tinggi.Maka kesimpulannya adalah metode demonstrasi merupakan salah satumetode pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk belajar teori dan praktekserta mampu bekerja sama dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa padamata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pur m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Metode Demonstrasi; IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6565 |