Sihombing, Jhon Robet (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan Di SMK N 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123321020 COVER.pdf
Download (180kB)
2. NIM. 5123321020 APPROLAL SHEET.pdf
Download (737kB)
3. NIM. 5123321020 ABSTRACT.pdf
Download (199kB)
4. NIM. 5123321020 FREE FACE.pdf
Download (185kB)
5. NIM. 5123321020 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (175kB)
6. NIM. 5123321020 TABLES.pdf
Download (111kB)
7. NIM. 5123321020 ILLUSTRATION.pdf
Download (114kB)
8. NIM. 5123321020 APPENDICES.pdf
Download (111kB)
9. NIM. 5123321020 CHAPTER I.pdf
Download (416kB)
10. NIM. 5123321020 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 5123321020 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (481kB)
12. NIM. 5123321020 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (828kB)
13. NIM. 5123321020 CHAPTER V.pdf
Download (272kB)
14. NIM. 51233321020 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (186kB)
15. NIM 5123321020 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan Di SMK N 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019 terhadap hasil belajar siswanya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pre test post test design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan Di SMK N 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. Berdasarkan hasil pengamatan Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PDTM. Dari tes evaluasi hasil belajar siswa terjadi peningkatan dimana 21 siswa (63,63%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 27 siswa (81,81%) pada siklus II dimana terjadi peningkatan sebesar 18,18%, berarti bahwa telah tercapai batas tuntas indikator yang ditetapkan secara klasikal yaitu 80% siswa memperolah nilai ≥ 75. Model pembelajaran Project Based Learning telah meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan T.A 2018/2019
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | PDTM; Project Based Learning; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 05:18 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 05:18 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65649 |
