Simanullang, Ahmad F (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kompetensi Dasar Teknik Pengelasan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5143121001 COVER.pdf
Download (47kB)
2. NIM 5143121001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (123kB)
3. NIM 5143121001 ABSTRACT.pdf
Download (61kB)
4. NIM 5143121001 PREPACE.pdf
Download (75kB)
5. NIM 5143121001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (93kB)
6. NIM 5143121001 TABLES.pdf
Download (39kB)
7. NIM 5143121001 ILLUSTRATION.pdf
Download (38kB)
8. NIM 5143121001 APPENDICES.pdf
Download (39kB)
9. NIM 5143121001 CHAPTER I.pdf
Download (261kB)
10. NIM 5143121001 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (510kB)
11. NIM 5143121001 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (525kB)
12. NIM 5143121001 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 5143121001 CHAPTER V.pdf
Download (67kB)
14. NIM 5143121001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (72kB)
15. NIM 5143121001 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kompetensi Dasar Teknik Pengelasan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan T.A. 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan yang mengikuti kompetensi Pekerjaan Dasar Teknik Mesin dengan sub kompetensinya Teknik Pengelasan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak, dan yang terpilih menjadi kelas eksperimen, kelas yang menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah kelas X TP1 yang berjumlah 35 orang dan kelas control kelas yang menerapkan metode pembelajaran yang dipakai disekolah berjumlah 35 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 70 siswa.Dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diperoleh nilai rata-rata 82,57 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran yang dipakai disekolah diperoleh nilai rata-rata 73,28. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berpengaruh pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) siswa kelas X TP (Teknik Pemesinan) SMK Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kooperatif tipe jigsaw; PDTM; Teknik Pengelasan; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 03:35 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 03:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65642 |
