Pengaruh Penggunaan Media Booklet Terhadap Hasil Belajar Teknik Kaitan Kelas X SMK Negeri 1 Stabat

Dewi, Tari Frisyia (2019) Pengaruh Penggunaan Media Booklet Terhadap Hasil Belajar Teknik Kaitan Kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123141039 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5123141039 COVER.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5123141039 APROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5123141039 APROVAL SHEET.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5123141039 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5123141039 ABSTRACT.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5123141039 ACKNOWLEDGEMENT.pdf] Text
4. NIM. 5123141039 ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5123141039 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5123141039 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5123141039 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM. 5123141039 LIST OF TABLE.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5123141039 LIST OF FIGURES.pdf] Text
7. NIM. 5123141039 LIST OF FIGURES.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5123141039 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM. 5123141039 CHAPTER I.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5123141039 CHAPTER II.pdf] Text
9. NIM. 5123141039 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 10. NIM. 5123141039 CHAPTER III.pdf] Text
10. NIM. 5123141039 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5123141039 CHAPTER IV.pdf] Text
11. NIM. 5123141039 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5123141039 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM. 5123141039 CHAPTER V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5123141039 BLIBIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM. 5123141039 BLIBIOGRAPHY.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5123141039 ENCLOSURE.pdf] Text
14. NIM. 5123141039 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar Teknik Kaitan tanpa mengguanakan media booklet, (2) hasil belajar Teknik Kaitan dengan menggunakan media booklet dan (3) pengaruh media pembelajaran booklet terhadap hasil belajar Teknik Kaitan di kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 70 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, yaitu mengambil kelas X-1 sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar teknik kaitan tanpa menggunakan media booklet pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 76,83 dan standar deviasi 3,16 dengan memiliki kecenderungan nilai yang cukup sebesar 65,7%. Sedangkan hasil belajar Teknik Kaitan dengan menggunakan media booklet pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 89,40 dan standar deviasi 4,17 dengan tingkat kecenderungan dalam kategori tinggi sebesar 74,3%. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 14,210 dengan ttabel pada dk = 68 yaitu sebesar 1,671. Maka nilai thitung > ttabel atau 14,210 > 1,671 yang artinya bahwa Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran booklet terhadap hasil belajar Teknik Kaitan di kelas X SMK Negeri 1 Stabat teruji kebenarannya. Hal ini berarti hasil belajar teknik kaitan dengan menggunakan media pembelajaran booklet lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran booklet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Booklet; Teknik Kaitan
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:02
Last Modified: 02 Dec 2025 02:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65636

Actions (login required)

View Item
View Item