Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Membuat Pola Lengan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat

Ayunita, Selvy (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Membuat Pola Lengan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM.5131141027 COVER.pdf] Text
1.NIM.5131141027 COVER.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5131141027 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5131141027 APPROVAL SHEET.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5131141027 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5131141027 ABSTRACT.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5131141027 PREVACE.pdf] Text
4. NIM. 5131141027 PREVACE.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5131141027 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5131141027 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5131141027 TABLE.pdf] Text
6. NIM. 5131141027 TABLE.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5131141027 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5131141027 ILLUSTRATION.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5131141027 BAGAN.pdf] Text
8. NIM. 5131141027 BAGAN.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5131141027 APPENDICES.pdf] Text
9. NIM. 5131141027 APPENDICES.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5131141027 CHAPTER I.pdf] Text
10. NIM. 5131141027 CHAPTER I.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5131141027 CHAPTER II.pdf] Text
11. NIM. 5131141027 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM. 5131141027 CHAPTER III.pdf] Text
12. NIM. 5131141027 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5131141027 CHAPTER IV.pdf] Text
13. NIM. 5131141027 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5131141027 CHAPTER V.pdf] Text
14. NIM. 5131141027 CHAPTER V.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5131141027 BIBIOGRAPHY.pdf] Text
15. NIM. 5131141027 BIBIOGRAPHY.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 16. NIM. 5133141037 ENCLOSURE.pdf] Text
16. NIM. 5133141037 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kecenderungan hasil belajar siswa dalam membuat pola lengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. 2) Untuk mengetahui kecenderungan hasil belajar siswa dalam membuat pola lengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat 3) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar membuat pola lengan menggunakan model pembelajaran picture and picture siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat sebanyak dua kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling yaitu pengambilan sampel secara keseluruhan kelas X Tata Busana. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat pola lengan dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan pada hasil belajar membuat pola lengan. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar membuat pola lengan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat untuk kelas eksperimen cenderung baik yaitu 65,71% sebanyak 23 siswa. Dan tingkat kecenderungan hasil belajar membuat pola lengan untuk kelas kontrol cenderung rendah yaitu 94,29% sebanyak 33 siswa. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk=34, diperoleh data hasil belajar membuat pola lengan Siswa kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung< Ltabel = 0,143< 0,149 dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel = 0,0191< 0,149. Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,42 < 1,84 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 15 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dk = 68 sebesar 1,7. Dengan demikian thitung >ttabel (15 > 1,7). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Membuat Pola Lengan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture cenderung baik digunakan di SMK Negeri 1 Stabat terutama dalam mata pelajaran membuat pola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran picture and picture; pola lengan
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:16
Last Modified: 01 Dec 2025 03:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65622

Actions (login required)

View Item
View Item