Ayunita, Selvy (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Membuat Pola Lengan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.5131141027 COVER.pdf
Download (138kB)
2. NIM. 5131141027 APPROVAL SHEET.pdf
Download (417kB)
3. NIM. 5131141027 ABSTRACT.pdf
Download (119kB)
4. NIM. 5131141027 PREVACE.pdf
Download (334kB)
5. NIM. 5131141027 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (271kB)
6. NIM. 5131141027 TABLE.pdf
Download (245kB)
7. NIM. 5131141027 ILLUSTRATION.pdf
Download (118kB)
8. NIM. 5131141027 BAGAN.pdf
Download (117kB)
9. NIM. 5131141027 APPENDICES.pdf
Download (119kB)
10. NIM. 5131141027 CHAPTER I.pdf
Download (543kB)
11. NIM. 5131141027 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM. 5131141027 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (894kB)
13. NIM. 5131141027 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (562kB)
14. NIM. 5131141027 CHAPTER V.pdf
Download (180kB)
15. NIM. 5131141027 BIBIOGRAPHY.pdf
Download (147kB)
16. NIM. 5133141037 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kecenderungan hasil belajar siswa dalam membuat pola lengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. 2) Untuk mengetahui kecenderungan hasil belajar siswa dalam membuat pola lengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat 3) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar membuat pola lengan menggunakan model pembelajaran picture and picture siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat sebanyak dua kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling yaitu pengambilan sampel secara keseluruhan kelas X Tata Busana. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat pola lengan dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan pada hasil belajar membuat pola lengan. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar membuat pola lengan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat untuk kelas eksperimen cenderung baik yaitu 65,71% sebanyak 23 siswa. Dan tingkat kecenderungan hasil belajar membuat pola lengan untuk kelas kontrol cenderung rendah yaitu 94,29% sebanyak 33 siswa. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk=34, diperoleh data hasil belajar membuat pola lengan Siswa kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung< Ltabel = 0,143< 0,149 dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel = 0,0191< 0,149. Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,42 < 1,84 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 15 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dk = 68 sebesar 1,7. Dengan demikian thitung >ttabel (15 > 1,7). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Membuat Pola Lengan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture cenderung baik digunakan di SMK Negeri 1 Stabat terutama dalam mata pelajaran membuat pola.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model pembelajaran picture and picture; pola lengan |
| Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:16 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:16 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65622 |
