Sitompul, Rina Afriani (2019) Analisis Penyelesaian Garis Leher Pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Siantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133141022 COVER.pdf
Download (48kB)
2. NIM. 5133141022 APROVAL SHEET.pdf
Download (878kB)
3. NIM. 5133141022 ABSTRACT.pdf
Download (218kB)
4. NIM. 5133141022 PREFACE.pdf
Download (339kB)
5. NIM. 5133141022 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (246kB)
6. NIM. 5133141022 TABLES.pdf
Download (212kB)
7. NIM. 5133141022 ILLUSTRATION.pdf
Download (144kB)
8. NIM. 5133141022 APPENDICES.pdf
Download (215kB)
9. NIM. 5133141022 CHAPTER I.pdf
Download (362kB)
10. NIM. 5133141022 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 5133141022 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (610kB)
12. NIM. 5133141022 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 5133141022 CHAPTER V.pdf
Download (240kB)
14. NIM. 5133141022 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (144kB)
15. NIM. 5133141022 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelesaian garis leher busana pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit siswa kelas X SMK Negeri 1 Siantar. Penelitian di lakukan pada bulan februari 2019, lokasi penelitian Jl. Sangnawaluh Km 3,5 Pematangsiantar. Metode Penelitian: Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode pengumpulan data berupa angka atau nilai. Populasi dalam penelitin ini adalah siswa kelas X busana 1 dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, maka yang menjadi sampel sebanyak 30 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan yang dilakukan oleh 5 observer yang kisi-kisinya terdiri dari 14 indikator, penentuan skor dilakukan dengan rentang 4-1. Hasil: Penyelesaian garis leher busana pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit siswa kelas X SMK Negeri 1 Siantar di peroleh kategori sangat baik dengan persentase (63.3%). Jika dilihat dari 14 aspek, penyelesaian rata – rata skor tertinggi terdapat aspek kesesuaian lapisan depun dengan garis leher dengan rata rata skor 4,8. Berdasarkan tingkat kecenderungan penyelesaian garis leher busana pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit , dari 30 siswa sebagai sampel di peroleh sebanyak 29 siswa (96.7%) dengan kategori tinggi, sebanyak 1 siswa (3.3%) dengan kategori cukup. Dijelaskan bahwa sebagian siswa mampu dalam penyelesaian garis leher mulai dari besar lapisan depun, kesesuaian lapisan depun, bentuk lapisan viselin, penyelesaian depun dengan viselin, penyelesaian sambungan depun, penyelesaian depun dengan garis leher, penyelesaian kampuh, penyelesaian garis leher V, penyelesaian akhir garis leher V, setikan pinggiran, hasil setikan , hasil keliman, kerapihan hasil jahitan dan kebersihan hasil jahitan depun. Kesimpulan bahwa persentase tingkat kecenderungan penyelesaian garis leher busana cenderung tinggi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Garis Leher Busana; Teknologi Menjahit |
| Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:02 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:02 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65621 |
