Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 1 Hamparan Perak

Nabila, Fathiyah and Surya, Edy (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 1 Hamparan Perak. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, Dan Integrasi Keilmuan Dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi Dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari riset ini adalah untuk memastikan apakah keterampilan komunikasi matematika murid kelas X lebih dipengaruhi oleh paradigma pengajaran TTW daripada oleh pengajaran standar, dan apakah murid yang diajari dengan paradigma pengajaran TTW memiliki tingkat penguasaan klasikal yang lebih baik daripada mereka yang diajari dengan paradigma pengajaran standar. Desain riset yang digunakan dalam riset ini adalah pra-tes-pasca-tes only control design, yang merupakan eksperimen semu. Dua kelas menjadi sampel riset, yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Soal pra-tes dan pasca-tes dalam bentuk uraian disebarkan untuk mengumpulkan data. Tes proporsi dan Independent Sample T-test digunakan untuk mengpemeriksaan data. H0 ditolak dan Ha diterima berdasarkan pemeriksaan tes-t, yang menandakan bahwa nilai thitung6,108)>ttabel(1,99443). Hal ini menandakan bahwa paradigma pengajaran TTW memberi dampak yang lebih besar pada kecakapan komunikasi matematis murid kelas X dibandingi dengan paradigma pengajaran standar. Selain itu, murid di kelas eksperimen memiliki persentase penguasaan klasikal yang lebih besar (41,67%) dibandingi murid di kelas kontrol (2,78%). Namun, dalam hal kecakapan komunikasi matematis murid kelas X, penguasaan klasikal murid yang diajari dengan menggunakan paradigma pengajaran TTW tidak lebih unggul dibandingi dengan murid yang diajari dengan menggunakan paradigma pengajaran standar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Komunikasi Matematis; Think Talk Write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Nov 2025 06:35
Last Modified: 26 Nov 2025 06:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65618

Actions (login required)

View Item
View Item