Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi

Al Zuhrah, Siti Alif (2024) Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) hingga tahap Develop, dengan subjek peserta didik kelas VIII KHD di SMPS An-Nizam Medan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, angket kepraktisan, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD sangat valid dengan skor rata-rata 3,6; (2) praktis dengan skor rata-rata kepraktisan 3,31; (3) efektif, ditunjukkan oleh 86,4% peserta didik mencapai ketuntasan klasikal dan respon sangat positif terhadap pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis meningkat sebesar 56,36% dengan N-gain 0,73, tergolong tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, LKPD, Snowball Throwing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Nov 2025 11:31
Last Modified: 25 Nov 2025 11:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65611

Actions (login required)

View Item
View Item