Nasution, Hijrah Hidayah (2024) Peran Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik melalui Budaya Melayu pada Pembelajaran Matematika. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dikaitkan dengan budaya Melayu dalam proses belajar matematika. Indonesia memiliki keragaman suku dan budaya yang kaya, dengan tradisi yang diwariskan secara turun-temurun di setiap daerah. Oleh karena itu, upaya pelestarian budaya menjadi tanggung jawab bersama. Matematika sendiri merupakan disiplin ilmu yang berkembang seiring dengan budaya, sehingga tidak dapat dipisahkan dari unsur budaya. Dalam penelitian ini, budaya Melayu yang dijadikan pendekatan adalah tradisi nasi hadap-hadapan. Metode penelitian yang digunakan bersifat kepustakaan, dengan menelaah bagaimana tradisi tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik. Data diperoleh dari berbagai sumber ilmiah, seperti buku, jurnal, dan artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengintegrasikan budaya Melayu dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan realistik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta memperkuat identitas budaya mereka. Kesimpulannya, budaya Melayu berperan penting dalam menciptakan pengalaman belajar matematika yang lebih kontekstual, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | Pendekatan PembelajaranMatematika Realistik, Budaya Melayu, Pembelajaran Matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 09:46 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 09:46 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65603 |
